MENGAPA KITA HARUS BERISLAM ?(Alasan Memeluk Agama Islam)


Dimasa remaja yang lagi kritis-kritisnya ini, terkadang terbersit dipikiran kita pertanyaan-pertanyaan yang bisa dibilang sepele dan mendasar namun penting. Seperti ”kenapa sih kita harus beragama islam?”. Nah, pertanyaan seperti ini sering kali membuat kita bingung dan bahaya kalo di biarkan. Gimana gak bingung coba? Mau nanya, ya nanya ke siap?, mau nyari, nyari  kemana? Akhirnya malah galawww...
Kalo udah galaw gina bahaya kan,,,,? Bisa-bisa jatoh tuh,,, ih,na’udzubillah, jangan sampe ya,,                                                                                                                                              
Kejadian seperti ini pernah saya alami beberapa tahun kebelakang. Maklum, imannya masih tipis. Masih jauh dari al-quran, jauh dari orang-orang sholih, masih jauh dari Alloh. Walau pun sebenernya sekarang  juga masih jauh sih dari itu semua,he...
Oke deh gak usah lama-lama curhat nya, berikut ini akan ane uraikan secara singkat alasan-alasan mengapa kita harus beragama Islam. Singkat..... banget. Tapi gak apa-apa yang penting ngena,he.. Semoga bisa memperkuat keyakinan kita terhadap Islam.
1.       Karena islam sangat sesuai dengan fitrah kita sebagai manusia. Hal ini dijelaskan Alloh dalam Al-Quran surat Ar-rum ayat 30 berikut :
 “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus  kepada agama (Islam); sesuai fitrah Alloh disebabkan dia menciptakan manusia sesuai (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada penciptaan Alloh. (itulah) itu adalah agama yang lurus, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.
Begitu pun disebutkan dalam sebuah hadits, “setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah, dikarenakan kedua orangtuanya dia menjdi seorang nashroni, yahudi atau majusi”. (HR. Muslim)
2.      Islam adalah rahmat bagi seluruh Alam. Dijelaskan Alloh dalam al-quran surat Al-anbiaya ayat 107 :
“Dan kami tidak mengutus engkau (muhamad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam”.
3.      Islam meningkatkan kualitas hidup manusia. Disebutkan dalam al-kuran surat al-baqoroh ayat 179 :
“Dan dalam kisos itu ada (jaminan) kehidupan bagimu, wahai orang-orang yang berakal dan bertakwa”.
4.     Islam itu unggul dan paling  lengkap ajarannya
Keunggulan agama Islam :
Ø  Keunggulan dari segi zaman
Islam adalah penutup risalah yang diturunkan Alloh SWT kepada para nabi dan rasul-Nya sejak zaman nabi Adam hingga nabi Muhamad SAW. Islam ada sejak zaman nabi Adam hingga hari kiamat.( QS. 21 : 92 ; 16:36 ; 22:78 ; 33 : 42).
Ø  Keungulan dari segi ajaran
Islam  diturunkan  oleh  Sang  Maha  Pencipta  (Allah  SWT)  yang  tentunya  Yang  Maha  Tahu  akan segalanya  (QS.25:2).  Tentang  manusia  dan  kharakteristiknya.  Maka  Islam  memuat  ajaran  yang lengkap dan sesuai  dengan fithrah manusia. Syari’at-Nya mengatur setiap sendi kehidupan, bukan hanya urusan umat islam saja, tetaapi seluruh manusia.
Ø  Keunggulan dari segi tempat dan pengutusan
Islam  diciptakan  oleh  yang  menciptakan  alam  semesta  sehingga  Islam  merupakan  fithroh  semesta alam (QS. 22 : 40), dan Rasulullah diutus untuk seluruh manusia & semesta alam (QS. 34:28 ; 21:107), termasuk juga untuk orang-orang non muslim sekalipun.

Sebenernya masih banyak banget alasan-alasan kenapa kita (manusia) harus beragama Islam. Tapi, segitu aja dulu, kalo masih penasaran silahkan cari aja sendiri. Atau tinggal komen-komen aja. Kalo ane tahu insyaalloh ane langsung jawab ko.
Sekian, Semoga bisa lebih memantapkan keimanan kita semua. Amin...
Wassalaam....





  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKHLASUNNIYAH

SU’UDZON DAN HUSNUDZON

HADITS TENTANG MENCARI ILMU