APA YANG HARUS KITA LAKUKAN MENDENGAR ADZAN...?

                                                       APA YANG HARUS KITA LAKUKAN 
                                                           KETIKA MENDENGAR ADZAN...?
                                                                     

                                                             Ada beberapa perkara yang
semestinya dilakukan oleh
yang mendengar adzan.
Pertama: Ia mengucapkan
semisal yang diucapkan
muadzin (menjawab adzan),
namun tidak dengan suara
keras seperti suaranya
muadzinkarena muadzin
menyeru/memberitahu orang
lain sedangkan dia hanya
menjawab muadzin. (Asy-
Syarhul Mumti’, 2/83)
Abu Sa’id Al-Khudri z
mengabarkan bahwa
Rasulullah n bersabda:
ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻤِﻌْﺘُﻢُ ﺍﻟﻨِّﺪَﺍﺀَ ﻓَﻘُﻮْﻟُﻮْﺍ ﻣِﺜْﻞَ ﻣَﺎ
ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻥُ
“Apabila kalian mendengar
adzan maka ucapkanlah
seperti yang sedang
diucapkan muadzin.” (HR.
Al-Bukhari no. 611 dan
Muslim no. 846)
Ketika muadzin sampai pada
pengucapan hay’alatani yaitu
kalimat: ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ،
ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡِ disenangi
baginya untuk menjawab
dengan hauqalah yaitu
kalimat:
ﻻَ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ
sebagaimana ditunjukkan
dalam hadits Umar ibnul
Khaththab z. Ia berkata:
Rasulullah n bersabda:
ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﻝَ :ُﻥِّﺫَﺆُﻤْﻟﺍ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ
ﺃَﻛْﺒَﺮُ، ﻓَﻘَﺎﻝَ :ُﻢُﻛُﺪَﺣَﺃ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ
ﺃَﻛْﺒَﺮُ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ
ﺍﻟﻠﻪُ، :َﻝَﺎﻘَﻓ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ
ﺍﻟﻠﻪُ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ
ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ، :َﻝﺎَﻘَﻓ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ
ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ ﺣَﻲَّ
ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ، :َﻝﺎَﻗ ﻻَ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ
ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ
ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡِ، :َﻝﺎَﻗ ﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻻَّ
ﺑِﺎﻟﻠﻪِ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ،
:َﻝﺎَﻗ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ؛ ﺛُﻢَّ :َﻝﺎَﻗ
ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪُ، :َﻝﺎَﻗ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ
ﺍﻟﻠﻪُ؛ ﻣِﻦْ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﺩَﺧَﻞَ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ
Apabila muadzin
mengatakan, “Allahu Akbar
Allahu Akbar”, maka salah
seorang dari kalian
mengatakan, “Allahu Akbar
Allahu Akbar.” Kemudian
muadzin mengatakan,
“Asyhadu An Laa Ilaaha
Illallah”, maka dikatakan,
“Asyhadu An Laa Ilaaha
Illallah.” Muadzin
mengatakan setelah itu,
“Asyhadu Anna
Muhammadan Rasulullah”,
maka dijawab, “Asyhadu
Anna Muhammadan
Rasulullah.” Saat muadzin
mengatakan, “Hayya ‘Alash
Shalah”, maka dikatakan, “La
Haula wala Quwwata illa
billah.” Saat muadzin
mengatakan, “Hayya ‘Alal
Falah”, maka dikatakan, “La
Haula wala Quwwata illa
billah.” Kemudian muadzin
berkata, “Allahu Akbar
Allahu Akbar”, maka si
pendengar pun mengatakan,
“Allahu Akbar Allahu Akbar.”
Di akhirnya muadzin berkata,
“La Ilaaha illallah”, ia pun
mengatakan, “La Ilaaha
illallah” Bila yang menjawab
adzan ini mengatakannya
dengan keyakinan hatinya
niscaya ia pasti masuk
surga.” (HR. Muslim no. 848)
Namun boleh juga dia
menjawabnya sebagaimana
lafadz muadzin dengan
hay’alatani ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ،
ﺣَﻲَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻔَﻠَﺎﺡِ berdasarkan
hadits Abu Sa’id Al-Khudri z
yang telah kita sebutkan di
atas. Al-Imam Ibnul Mundzir
menyatakan, “Ini termasuk
ikhtilaf atau perbedaan yang
mubahBila seseorang
menghendaki maka ia
mengucapkan sebagaimana
ucapan muadzindan kalau
mau ia mengucapkan
sebagaimana dalam riwayat
Mu’awiyah ibnu Abi Sufyan1
c. Yang mana saja ia ucapkan,
maka ia benar.” (Al-Ausath,
4/30)
Jawaban Ketika Muadzin
Berkata dalam Adzan Subuh
“Ash-Shalatu Khairun minan
Naum”
Lahiriah dari ucapan Nabi n:
ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻤِﻌْﺘُﻢُ ﺍﻟﻨِّﺪَﺍﺀَ ﻓَﻘُﻮْﻟُﻮْﺍ ﻣِﺜْﻞَ ﻣَﺎ
ﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻥُ
“Apabila kalian mendengar
adzan maka ucapkanlah
seperti yang sedang
diucapkan muadzin,” adalah
kita mengucapkan kalimat
yang sama dengan muadzin,
“Ash-Shalatu khairun minan
naum.” Inilah pendapat yang
shahihAdapun
menjawabnya dengan:
ﺻَﺪَﻗْﺖَ ﻭَﺑَﺮَﺭْﺕَ
ArtinyaEngkau benar dan
engkau telah berbuat baik,
adalah pendapat yang lemah
tidak bersandar dengan dalil.
(Asy-Syarhul Mumti’, 2/92)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKHLASUNNIYAH

SU’UDZON DAN HUSNUDZON

HADITS TENTANG MENCARI ILMU