Ibadah dalam Islam


Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga kita semua tetap berada dalam lindungan-Nya...
Siapa sih yang gak tahu ibadah?
Semua orang Muslim pasti tau dan sering melakukannya.Ya,gimana ‘gak coba ? Dari usia balita,orang tua atau guru PAUD kita sudah melatih kita untuk beribadah seperti sholat,puasa dan berinfak.

Ibadah secara bahasa (etimologi) berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut syara’ (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah:

1. Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.

2. Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.

3. Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. 

Ibadah adalah tujuan kita hidup. Karena tidaklah Alloh menciptakan kita semua melainkan agar kita menghamba kepada-Nya. bukan kepada yang lain,hanya kepada Alloh Swt.
Sebenarnya ibadah itu mudah,murah,dan bisa juga dibilang meriah.he...  Tapi dengan alasan yang terkadang tidak masuk akal dan cenderung diabuat-buat kita sering meninggalkannya. Atau  selalu saja tidak istiqomah,bahkan gak bener cara dan niatnya.Misalnya setelah ikut mentoring di sekolah atau ceramah bulanan di Masjid Jami’ kita bisa menamatkan lima juz dalam sehari. Eh,ternyata hari itu adalah hari terakhir kita tilawah (itu mah s’haer he...).Atau kita jadi yang paling rajin piket di kelas saat si “dia” masih ada di kelas (sorry,itu bukan s’haer ya).Ya,selalu seperti itu,seperti itu dan seperti itu. Selalu tidak istiqomah dan tidak lurus niat kita.
Saudaraku yang budiman,(bukan budiman jurusan Tasik-Jakarta ya...) Insyaálloh pada kesempatan ini si haer mau nge-sheer tentang ibadah. Bismillaah...
Ibadah adalah sesuatu yang disukai dan dirihoi oleh Alloh Swt. Baik yang dzohir ataupun yang mudhmar. Makna ibadah sangatlah luas,bukan hanya sholat,zakat,atau puasa saja. Ibadah juga bermacam-macam,ada ibadah hati seperti tawakal,mahabbah,khouf dan roja. Ada ibadah badan seperti jihad,sholat dan zakat.selain itu juga ada ibadah lisan seperti tilawah,membaca tasbih,tahmid dan tahlil.
Ibadah hanya untuk Alloh,bukan untuk yang lainnya. Apalagi si “dia” (siapa tuh..). Ibadah juga harus sesuai dengan tuntunan dari kudwah kita,Rosul saw. Karena ibadah yang tidak sesuai dengan tuntunan dari beliau Saw. Itu adalah ibadah yang bid’ah. Bid’ah... apaan tuh? (dijelasinnya nanti aja ya,,,). Setiap bid’ah itu dholal(sesat),yang tempat pelakunya tidak lain adalah neraka.(naudzubillah...)
Ibadah bukan cuma sholat aja. Sesuatu amal yang mubah bisa berniali ibadah jika diniatka karena Alloh. Misalnya makan atau minum yang kita niatkan untuk menguatkan tubuh kita sehingga mampu untuk berjuang di jalan Alloh dan menjalankan ketaatan-ketaatan kepada-Nya. Begitu juga dengan amalan mubah lainnya yang kita niatkan karena Alloh.
Banyak sekali peluang kita untuk melakukan ibadah. Dimanapun kita,kapanpun itu dan dalam kondisi sesult apapun,asalkan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan dari Baginda Rosul Saw.
Sekian aja dari s’haer,semoga bermanfat,terutama buat s’haer (yang lagi gencar memodif diri jadi lebih baik). Dan semoga kualitas dan kuantitas ibadah kita meningkat dan bisa di terima oleh Alloh Swt.  Amin.
Sekian, semoga bermanfaat...
Wassalamualaikum...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKHLASUNNIYAH

SU’UDZON DAN HUSNUDZON

HADITS TENTANG MENCARI ILMU